Sejarah Alkitab Indonesia

Jenis Sastra

Bagikan ke Facebook

Dari Sejarah Alkitab Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari
k (1 revisi)
 
(7 revisi antara tak ditampilkan.)
Baris 1: Baris 1:
-
Supaja Kitab Sutji diartikan dan dipahami dengan tepatnja (dan djuga buku-buku lain) harus diketahui dengan baik "djenis sastera" manakah jang dipergunakan. Memang Kitab Sutji adalah sabda Allah, tetapi sabda Allah jang mendjelma dalam perkataan insani. Dan sabda Allah itu menggunakan semua kemungkinan jang ada dalam bitjara manusia jang bermatjam ragam. Tidak ada satupun jang tidak dapat dipakai oleh Allah untuk menjatakan diri serta kehendakNja. Maka itu untuk ilmu tafsir Alkitab adalah perlu sekali mempeladjari tjara-tjara jang dipergunakan manusia dahulu untuk mengungkapkan pikiran serta menjatakan kebenaran.
+
{{kanan|{{Buku Hijau}}|{{Biblika}}}}
 +
Supaya Kitab Suci diartikan dan dipahami dengan tepatnya (dan juga buku-buku lain) harus diketahui dengan baik "jenis sastra" manakah yang dipergunakan. Memang Kitab Suci adalah sabda Allah, tetapi sabda Allah yang menjelma dalam perkataan insani. Dan sabda Allah itu menggunakan semua kemungkinan yang ada dalam bicara manusia yang bermacam ragam. Tidak ada satupun yang tidak dapat dipakai oleh Allah untuk menyatakan diri serta kehendakNya. Maka itu untuk ilmu tafsir Alkitab adalah perlu sekali mempelajari cara-cara yang dipergunakan manusia dahulu untuk mengungkapkan pikiran serta menyatakan kebenaran.
-
# '''Djenis sastera pada umumnja'''<br> <b>"Djenis sastera"</b> ialah tjara mengutjapkan pikiran setjara tertulis atau setjara lisan. Memang ada pelbagai tjara jang masing-masing menempuh djalannja sendiri, menuruti patokan dan kaidah chusus untuk memberitahukan sesuatu. Tidak semua tjara begitu sadja dapat dipakai untuk menjatakan sesuatu, tetapi kerap kali pikiran tertentu hanja dapat diungkapkan dengan djalan itu atau ini, sedangkan djalan lain tidaklah mungkin. Pidato presiden pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia tidak dapat berupa tjerita pendek atau dongeng. Suatu chotbah tidak dapat disadjikan dalam bentuk suatu laporan sebagaimana biasanja dibuat pegawai polisi, atau berupa "rekening" jang dikirim untuk dilunasi. Untuk mengerti kebenaran jang terungkap haruslah diketahui djenis sastera manakah jang dipakai. Kalau tidak maka timbullah salah paham atau malah kekeliruan pada si pendengar atau di pembatja. Misalnja sebuah roman atau tjerita pendek lain maksudnja daripada suatu laporan jang dikarang seorang wartawan jang mengundjungi daerah atau tentang suatu peristiwa atau orang. Djika roman atau tjerita pendek diartikan sebagai laporan atau buku ilmu sedjarah, sudah barang tentu maksud si pengarang tidak dimengerti dan si pembatja keliru sekali. Demikianpun djenis sastera jang dewasa ini amat laku, jaitu "science fiction". Itu djangan dianggap sebagai laporan dari laboratorium atau laporan jang dibuat astronaut jang sedang didjalan kebulan. Sebuah sadjak atau chotbah lain maksudnja dan kebenarannja daripada sebuah reportage televisi atau radio. Dongeng Anderson mengutjapkan kebenaran lain daripada Kitab Hukum jang dibuat Napoleon. Dalam hidup sehari-hari pelbagai djenis sastera jang sekarang suka dipakai memang djarang menimbulkan salah paham atau kesulitan. Setiap orang begitu sadja tahu, djustru oleh karena umum dan biasa dipakai djenis sastera manakah didjumpainja. Dan begitu sadja djenis sastera dapat dinilai semestinja. Hanja pabila djenis baru muntjul orang dapat keliru sebentar.Djadi djenis sastera pada umumnja ialah suatu (beberapa) tjara jang didjaman dan lingkungan kebudajaan tertentu umum dipakai untuk menjatakan isi hati, pikiran dan kebenaran. Masing-masing djenis sastera ada kaidah dan patokannja sendiri untuk mengungkapkan kebenaran jang dimaksudkan.Kesulitan barulah muntjul pabila halnja djenis sastera dari djaman dahulu, jang dewasa ini (atau dalam lingkungan kita) tidak (lagi) dipergunakan sebagai tjara biasa untuk menjatakan isi hati. Dan demikianlah halnja Kitab Sutji. Alkitab ditulis didjaman dahulu, sepandjang lk. seribu tahun, dua-tiga ribu tahun jang lalu dalam alam kebudajaan jang bukan alam kebudajaan kita dalam abad keduapuluh masehi. Alkitab djuga tidak sekali djadi dikarang, melainkan berangsur-angsur tumbuh sepandjang djangka waktu agak lama jang mengalami perubahan-perubahan jang tidak ketjil. Maka itu penting sekali diketahui djenis-djenis sastera manakah dipergunakan Kitab Sutji dan kaidah serta patokan manakah dituruti oleh djenis sastera tertentu. Sebelum kesemuanja itu diketahui dengan saksama ada bahaja besar bahwa Alkitab tidak dimengerti maksudnja atau malah diartikan salah sama sekali. Pentingnja djenis-djenis sastera Kitab Sutji ditekankan oleh Pius XII (surat edaran: Divino afflante Spiritu) dan sekali lagi ditekankan oleh konsili Vatikan II (Konstitusi Dei Verbum). Dalam ilmu tafsir Alkitab dewasa ini "djenis sastera" memainkan peranan penting. Namun demikian ternjatalah bahwa "djenis sastera" tidak mampu memetjahkan semua soal dan masalah jang ditimbulkan baik Perdjandjian Lama maupun Perdjandjian Baru.Untuk menetapkan djenis-djenis sastera jang dipergunakan Alkitab sangat bermanfaat kitab Sutji dibandingkan dengan djenis sastera jang laku didjaman itu dan dilingkungan kebudajaan disekitar Israil dan Palestina. Kerap kali kesamaan segera menondjol. Namun demikian ada djuga djenis sastera jang chusus milik Kitab Sutji. Keistimewaan kesusasteraan itu ada sangkut pautnja dengan kechasan iman dan kejakinan keagamaan jang tertjantum dalam Kitab Sutji. Terdjadi djuga bahwa djenis sastera tertentu diambil alih tapi disesuaikan dengan kejakinan jahudi atau keristen jang chas.Ada mungkin djuga dan ternjata terdjadi bahwa dalam kitab jang satu dan sama dipergunakan pelbagai matjam djenis sastera. Djenis sastera Kej 1-11 ternjata lain dari djenis sastera Kej 12-50. Demikianpun djenis sastera jang dipergunakan untuk mentjeritakan masa muda Jesus atau kebangkitanNja lain dari djenis sastera jang dipakai untuk mentjeritakan riwajat hidupnja. Djenis sastera Indjil Johanes agak berbeda sedikit dari djenis sastera para sinoptisi. Chotbah di Bukit lain djenis sasteranja daripada wedjangan Jesus tentang achir djaman.
+
==Jenis sastra pada umumnya==
-
# '''Beberapa djenis sastra dalam Kitab Sutji.'''<br> Kitab Sutji menggunakan pelbagai djenis sastera jang tidak menimbulkan kesulitan chusus. Ada djenis sastera jang berupa prosa dan djuga jang berupa puisi. Sadjak banjak dipakai dalam Alkitab (Kitab Mazmur, bagian terbesar dari kitab-kitab para nabi; beberapa lagu (kuno) jang terserak-serak dalam kitab-kitab lain jang umumnja menggunakan prosa ({{ayat|Kej 49; Peng 15; Tj, Dj 11:35-36; 21:14-18:27-3; Hak 5}} dll.). Ada djenis sastera jang berupa dialog (Ijob), sedangkan Madah Agung dalam Alkitab mewakili djenis sastera "Lagu Tjinta" (bdk {{ayat|Mzm 45}}). Djenis sastera Hukum" diketemukan chususnja dalam Taurat Musa. Djenis sastera "Kebidjaksanaan" amat laku didjaman belakangan Perdjandjian Lama, meskipun sedjak dahulu kala sudah dipakai. Djenis sastera ini suka menggunakan matjam-matjam pepatah pendek dan tadjam, atau djuga jang lebih pandjang. Biasanja diambil dari pengalaman hidup sehari-hari. Didjaman kemudian "kebidjaksanaan" praktis itu suka dipulangkan kepada Tuhan sendiri dan didasarkan pada Taurat Musa. Maksud djenis sastera ini ialah: mendidik (kaum kemuka), supaja nanti mendapat kedudukan jang wadjar dalam masjarakat (sebagai guru atau pegawai). Djuga diluar Israil djenis sastera ini amat laku dan djelas bahwa "para bidjak Israil" terpengaruh oleh kaum bidjak diluar negeri. Dalam Kitab Sutji djenis sastera ini diwakili terutama oleh Kitab Amsal dan Kitab Petrus Sirah. Kitab Kebidjaksanaan adalah suatu landjutan tapi lebih menjurus ke "midrasj" dan "filsafat". Djenis sastera jang dalam Perdjadjian Lama hampir sadja tidak dipakai tetapi sangat digemari dalam Perdjandjian Baru ialah: surat-menjurat. Surat-surat dari Perdjandjian Baru, chususnja surat-surat Paulus umumnja menuruti patokan-patokan jang didunia Junani-Romawi laku untuk djenis sastera ini.Tetapi ada beberapa djenis sastera dalam Kitab Sutji jang dapat menimbulkan kesulitan. Karenanja ada baiknja diutarakan barang sedikit.
+
"'''Jenis sastra'''" ialah cara mengucapkan pikiran secara tertulis atau secara lisan. Memang ada pelbagai cara yang masing-masing menempuh jalannya sendiri, menuruti patokan dan kaidah khusus untuk memberitahukan sesuatu. Tidak semua cara begitu saja dapat dipakai untuk menyatakan sesuatu, tetapi kerap kali pikiran tertentu hanya dapat diungkapkan dengan jalan itu atau ini, sedangkan jalan lain tidaklah mungkin. Pidato presiden pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia tidak dapat berupa cerita pendek atau dongeng. Suatu khotbah tidak dapat disajikan dalam bentuk suatu laporan sebagaimana biasanya dibuat pegawai polisi, atau berupa "rekening" yang dikirim untuk dilunasi. Untuk mengerti kebenaran yang terungkap haruslah diketahui jenis sastra manakah yang dipakai. Kalau tidak maka timbullah salah paham atau malah kekeliruan pada si pendengar atau di pembaca. Misalnya sebuah roman atau cerita pendek lain maksudnya daripada suatu laporan yang dikarang seorang wartawan yang mengunjungi daerah atau tentang suatu peristiwa atau orang. Jika roman atau cerita pendek diartikan sebagai laporan atau buku ilmu sejarah, sudah barang tentu maksud si pengarang tidak dimengerti dan si pembaca keliru sekali. Demikianpun jenis sastra yang dewasa ini amat laku, yaitu "science fiction". Itu jangan dianggap sebagai laporan dari laboratorium atau laporan yang dibuat astronaut yang sedang dijalan kebulan. Sebuah sajak atau khotbah lain maksudnya dan kebenarannya daripada sebuah reportage televisi atau radio. Dongeng Anderson mengucapkan kebenaran lain daripada Kitab Hukum yang dibuat Napoleon. Dalam hidup sehari-hari pelbagai jenis sastra yang sekarang suka dipakai memang jarang menimbulkan salah paham atau kesulitan. Setiap orang begitu saja tahu, justru oleh karena umum dan biasa dipakai jenis sastra manakah dijumpainya. Dan begitu saja jenis sastra dapat dinilai semestinya. Hanya pabila jenis baru muncul orang dapat keliru sebentar.Jadi jenis sastra pada umumnya ialah suatu (beberapa) cara yang dijaman dan lingkungan kebudayaan tertentu umum dipakai untuk menyatakan isi hati, pikiran dan kebenaran. Masing-masing jenis sastra ada kaidah dan patokannya sendiri untuk mengungkapkan kebenaran yang dimaksudkan.Kesulitan barulah muncul pabila halnya jenis sastra dari jaman dahulu, yang dewasa ini (atau dalam lingkungan kita) tidak (lagi) dipergunakan sebagai cara biasa untuk menyatakan isi hati. Dan demikianlah halnya Kitab Suci. Alkitab ditulis dijaman dahulu, sepanjang lk. seribu tahun, dua-tiga ribu tahun yang lalu dalam alam kebudayaan yang bukan alam kebudayaan kita dalam abad keduapuluh masehi. Alkitab juga tidak sekali jadi dikarang, melainkan berangsur-angsur tumbuh sepanjang jangka waktu agak lama yang mengalami perubahan-perubahan yang tidak kecil. Maka itu penting sekali diketahui jenis-jenis sastra manakah dipergunakan Kitab Suci dan kaidah serta patokan manakah dituruti oleh jenis sastra tertentu. Sebelum kesemuanya itu diketahui dengan saksama ada bahaya besar bahwa Alkitab tidak dimengerti maksudnya atau malah diartikan salah sama sekali. Pentingnya jenis-jenis sastra Kitab Suci ditekankan oleh Pius XII (surat edaran: Divino afflante Spiritu) dan sekali lagi ditekankan oleh konsili Vatikan II (Konstitusi Dei Verbum). Dalam ilmu tafsir Alkitab dewasa ini "jenis sastra" memainkan peranan penting. Namun demikian ternyatalah bahwa "jenis sastra" tidak mampu memecahkan semua soal dan masalah yang ditimbulkan baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.Untuk menetapkan jenis-jenis sastra yang dipergunakan Alkitab sangat bermanfaat kitab Suci dibandingkan dengan jenis sastra yang laku dijaman itu dan dilingkungan kebudayaan disekitar Israil dan Palestina. Kerap kali kesamaan segera menonjol. Namun demikian ada juga jenis sastra yang khusus milik Kitab Suci. Keistimewaan kesusastraan itu ada sangkut pautnya dengan kekhasan iman dan keyakinan keagamaan yang tercantum dalam Kitab Suci. Terjadi juga bahwa jenis sastra tertentu diambil alih tapi disesuaikan dengan keyakinan yahudi atau keristen yang khas.Ada mungkin juga dan ternyata terjadi bahwa dalam kitab yang satu dan sama dipergunakan pelbagai macam jenis sastra. Jenis sastra {{ayat|Kej 1-11}} ternyata lain dari jenis sastra {{ayat|Kej 12-50}}. Demikianpun jenis sastra yang dipergunakan untuk menceritakan masa muda Yesus atau kebangkitanNya lain dari jenis sastra yang dipakai untuk menceritakan riwayat hidupnya. Jenis sastra Injil Yohanes agak berbeda sedikit dari jenis sastra para sinoptisi. Khotbah di Bukit lain jenis sastranya daripada wejangan Yesus tentang akhir jaman.
-
## '''Midrasj.'''<br> Ini suatu djenis sastera jang chas dalam Kitab Sutji dan didunia Jahudi didjaman sesudah Kitab Sutji. Ditempat lain (SASTERA JAHUDI, Midrasjim) djenis sastera jang chas ini dibitjarakan.
+
 
-
## '''Djenis sastera kenabian.'''<br> Djenis sastera ini sebenarnja diketemukan djuga diluar Kitab Sutji, tapi terutama dalam Alkitab dikembangkan sampai puntjaknja. Kemudian hilang sama sekali dan hanja sebentar hidup kembali dalam Kuran. Djenis sastera ini sesungguhnja serba madjemuk. Para nabi menggunakan matjam-matjam djenis sastera lain (Lagu ratap, Lagu Edjekan, Allegorie, riwajat hidup dll.) tetapi keistimewaannja ialah "firman Allah". Adakalanja "firman" itu hanja diutjapkan sebagaimana diterima oleh si nabi, tetapi adakalanja firman Allah itu diberi berkomentar dalam chotbah-chotbah si nabi jang hangat berkobar-kobar. Firman dan chotbah itu menjerang, mengantjam rakjat dan kaum pemuka di Israil karena keburukannja. Keburukan itu dilukiskan sehitam-hitamnja. Kepada rakjat dan pemuka diantjamkan malapetaka, ataupun si nabi menghibur rakjat jang tertimpa dengan djandji bagi masa mendatang jang amat bahagia. Baik dalam antjaman maupun dalam djandjinja si nabi pertama-tama mau mengesankan kepada hati rakjat. Ia menggambarkan semua dengan gambaran dan kiasan hebat jang seringkali sudah tradisionil dalam djenis sastera ini. Maka itu kiasan, gambaran dan lukisan tentang malapetaka dan masa bahagia nanti djangan diartikan setjara harfiah. Tak pernah dimaksudkan demikian. Beberapa wedjangan Jesus termasuk kedalam djenis sastera ini (bdk.{{ayat| Mat 23; 11:20-24}}).
+
==Beberapa jenis sastra dalam Kitab Suci==
-
## '''Apocalyps (=persingkapan, wahju).'''<br>  Djenis sastera ini agak dekat dengan djenis sastera kenabian namun berbeda djuga. Djenis sastera ini sudah mulai muntjul dalam kitab para nabi Perdjandjian Lama (beberapa bagian dari Kitab Jeheskiel, Jesaja, Zakarja) tetapi mengalami masa djajanja sekitar djaman masehi (200 sb. Ma-100 Mas.) baik dikalangan Jahudi maupun dikalangan keristen (bekas Jahudi). Wakil djenis sastera ini dalam Alkitab ialah Kitab Daniel dan Wahju Johanes. Tjiri-tjiri djenis sastera (jang tidak selalu diketemukan bersama) ialah: Dalam rupa "wahju" rahasia (dan harus dirahasiakan) jang disampaikan (kerap kali) oleh seorang malaekat (tak perlu itu sungguh terdjadi) sipengarang mentjeritakan achir djaman. Kerap kali sedjarah hingga masa sipengarangpun disadjikan dalam rupa wahju jang dahulu diberikan kepada seorang tokoh besar (Elias, Ibrahim, Adam, Henoch dll!). Wahju ini disampaikan dengan gambaran dan kiasan jang gandjil dan aneh sekali, sehingga sukar dipahami. Demikianpun lukisan-lambang, warna tertentu serta angka rahasia sangat digemari. Maksud "apocalyps" ialah menghibur kaum saleh jang menderita, dianiaja dan dikedjar. Mereka diberi kekuatan dan harapan dengan melukiskan hari kiamat jang tidak lama lagi akan tiba. Pada saat itu Allah sendiri akan turun tangan setjara adjaib untuk menghukum para pendosa (kaum kafir) dan menjelamatkan orang-orang sutji (Israil). Djenis sastera ini dalam Perdjandjian Baru (ketjuali dalam Wahju Johanes) dipergunakan dalam wedjangan Jesus tentang achir djaman (bdk. {{ayat|Mar 13}} dsdj. {{ayat|Mat 24:31-46}}). Oleh karena djenis sastera itu bagi kita asing sama sekali, maka sukar diartikan dengan tepat. Disini hanja perlu ditjatat: kiasan, lambang, gambaran itu djangan diartikan setjara harfiah; djangan mentjoba mengetrapkan angka-angka pada apa atau siapapun dan djangan memperhitungkan hari kiamat!
+
Kitab Suci menggunakan pelbagai jenis sastra yang tidak menimbulkan kesulitan khusus. Ada jenis sastra yang berupa prosa dan juga yang berupa puisi. Sajak banyak dipakai dalam Alkitab (Kitab Mazmur, bagian terbesar dari kitab-kitab para nabi; beberapa lagu (kuno) yang terserak-serak dalam kitab-kitab lain yang umumnya menggunakan prosa ({{ayat|Kej 49; Peng 15; C, J 11:35-36; 21:14-18:27-3; Hak 5}} dll.). Ada jenis sastra yang berupa dialog (Iyob), sedangkan Madah Agung dalam Alkitab mewakili jenis sastra "Lagu Cinta" (bdk {{ayat|Mzm 45}}). Jenis sastra Hukum" diketemukan khususnya dalam Taurat Musa. Jenis sastra "Kebijaksanaan" amat laku dijaman belakangan Perjanjian Lama, meskipun sejak dahulu kala sudah dipakai. Jenis sastra ini suka menggunakan macam-macam pepatah pendek dan tajam, atau juga yang lebih panjang. Biasanya diambil dari pengalaman hidup sehari-hari. Dijaman kemudian "kebijaksanaan" praktis itu suka dipulangkan kepada Tuhan sendiri dan didasarkan pada Taurat Musa. Maksud jenis sastra ini ialah: mendidik (kaum kemuka), supaya nanti mendapat kedudukan yang wajar dalam masyarakat (sebagai guru atau pegawai). Juga diluar Israil jenis sastra ini amat laku dan jelas bahwa "para bijak Israil" terpengaruh oleh kaum bijak diluar negeri. Dalam Kitab Suci jenis sastra ini diwakili terutama oleh Kitab Amsal dan Kitab Petrus Sirah. Kitab Kebijaksanaan adalah suatu lanjutan tapi lebih menyurus ke "midrasy" dan "filsafat". Jenis sastra yang dalam Perjanjian Lama hampir saja tidak dipakai tetapi sangat digemari dalam Perjanjian Baru ialah: surat-menyurat. Surat-surat dari Perjanjian Baru, khususnya surat-surat Paulus umumnya menuruti patokan-patokan yang didunia Yunani-Romawi laku untuk jenis sastra ini.Tetapi ada beberapa jenis sastra dalam Kitab Suci yang dapat menimbulkan kesulitan. Karenanya ada baiknya diutarakan barang sedikit.
-
## '''Djenis sastera historis.'''<br>  Djenis sastera ini sesungguhnja menimbulkan kesulitan jang paling banjak. Dalam seluruh Kitab Sutji tidak ada "djenis sastera historis" sebagaimana dewasa ini dipakai dalam buku ilmu sedjarah. Kitab Sutji tak pernah mentjeritakan sedjarah demi sedjarah, tapi selalu dengan maksud keagamaan dan maksud itu sangat mempengaruhi tjaranja peristiwa ditjeritakan. Ketjuali ini harus ditambahkan pula bahwa "djenis sastera historis" dalam Kitab Sutji adalah serba madjemuk dan ada beberapa matjam "djenis historis". Dalam kitab jang sama kerapkali matjam-matjam djenis bertjampur satu sama lain atau bergilir-ganti dipakai.Jang paling dekat pada apa jang kita harapkan dari "sedjarah" ialah bagian Alkitab jang disusun berdasarkan dokumen-dokumen jang lebih kurang resmi dari istana, Bait Allah atau berasal dari orang jang sendiri ikut serta dalam kedjadian. Bagian besar dari Kitab Radja-radja, Sjemuel dan Esra/Nehemia termasuk kedalam "djenis sastera" ini (bdk {{ayat|1Raj 5:15-6; 7:13-51; 20; 22:1-38; 2Raj 4:4-27; 9:1-10:27; 2Sjem 13-21; Esr 4-6; Neh 1-6; 10; 12:27-43; 13:4-32}}).Ada djuga bagian-bagian Alkitab jang memelihara tradisi rakjat. Atas dasar kedjadian-kedjadian jang njata tradisi itu menghias kedjadian-kedjadian itu dengan matjam-matjam tjerita jang diambil entah dari mana. Maksud tjerita-tjerita matjam itu ialah memuliakan nenek-mojang dan djaman dahulu. Djenis sastera matjam itu diketemukan umpamanja dalam {{ayat|Kej 12-50}}; Kitab Josjua dan Kitab Hakim-hakim. Dan masih ada bagian-bagian lain Kitab Sutji jang mempunjai tjorak jang sama (bdk {{ayat|1Raj 17; 2Raj 1}}). Djelas kiranja bahwa sukar sekali ditetapkan apa jang "sedjarah" menurut paham kita dan apa hiasan jang lebih kurang berupa dongeng.Ada djuga bagian-bagian (atau kitab seanteronja) berupa historis jang hanja tjerita pembina. Maksudnja ialah mengadjar sesuatu (perilaku). Kedalam djenis sastera matjam itu tergolong umpamanja Kitab Tobit, Judit, Ester, Jona. Tiap-tiap kali orang harus menjelidiki berapa djauhnja tjerita-tjerita itu berdasarkan "sedjarah", kedjadian-kedjadian njata.Lain lagi adalah djenis sastera jang dipakai kitab Tawarich. Kitab ini sebenarnja bagian terbesar hanja sekali lagi mentjeritakan bahan jang tertjantum dalam Kitab Sjemuel dan Radja. Tetapi kisah itu kini ditjeritakan dengan maksud tertentu dan seluruh bahan ditaklukkan kepada maksud itu dan diolah seperlunja. Memang semua kitab "historis" dalam Alkitab ditulis dengan maksud religius, tetapi maksud religius itu jauh lebih berpengaruh dalam kitab Tawarich, jang ingin "membuktikan" sesuatu.Perdjandjian Barupun menggunakan "djenis sastera historis", jaitu dalam keempat Indjil dan dalam Kisah Rasul-rasul. Dalam kitab terachir ini pelbagai djenis sastera historis dipergunakan. Bagian pertama (pasal 1-12) berdasarkan tradisi-tradisi jang sudah tersedia. Nilai historisnja harus diselidiki tiap-tiap kali. Bagian kedua lebih berupa "laporan" (pasal 13-28) dan nilai historisnja umumnja lebih terdjamin. Adapun keempat injil ada djenis sasteranja sendiri. Hal itu diuraikan tempat keempat indjil dibitjarakan (bdk. INDJIL). Pendeknja: Indjil adalah suatu kesaksian umat keristen terhadap Jesus, Tuhan kita. Kesaksian itu sebelum dibukukan dalam keempat indjil mengalami perkembangan sendiri. Sesungguhnja dalam keempat indjil masih ada pelbagai djenis sastera tersendiri, jang semua boleh dikatakan lebih kurang "historis". Didalam indjil kisah tentang masa muda Jesus mempunjai tjorak tersendiri lagi, jang mungkin boleh dikatakan "midrasj".
+
 
 +
===Midrasy===
 +
Ini suatu jenis sastra yang khas dalam Kitab Suci dan didunia Yahudi dijaman sesudah Kitab Suci. Ditempat lain (SASTERA YAHUDI, Midrasyim) jenis sastra yang khas ini dibicarakan.
 +
 
 +
===Jenis sastra kenabian===
 +
Jenis sastra ini sebenarnya diketemukan juga diluar Kitab Suci, tapi terutama dalam Alkitab dikembangkan sampai puncaknya. Kemudian hilang sama sekali dan hanya sebentar hidup kembali dalam Kuran. Jenis sastra ini sesungguhnya serba majemuk. Para nabi menggunakan macam-macam jenis sastra lain (Lagu ratap, Lagu Ejekan, Allegorie, riwayat hidup dll.) tetapi keistimewaannya ialah "firman Allah". Adakalanya "firman" itu hanya diucapkan sebagaimana diterima oleh si nabi, tetapi adakalanya firman Allah itu diberi berkomentar dalam khotbah-khotbah si nabi yang hangat berkobar-kobar. Firman dan khotbah itu menyerang, mengancam rakyat dan kaum pemuka di Israil karena keburukannya. Keburukan itu dilukiskan sehitam-hitamnya. Kepada rakyat dan pemuka diancamkan malapetaka, ataupun si nabi menghibur rakyat yang tertimpa dengan janji bagi masa mendatang yang amat bahagia. Baik dalam ancaman maupun dalam janjinya si nabi pertama-tama mau mengesankan kepada hati rakyat. Ia menggambarkan semua dengan gambaran dan kiasan hebat yang seringkali sudah tradisionil dalam jenis sastra ini. Maka itu kiasan, gambaran dan lukisan tentang malapetaka dan masa bahagia nanti jangan diartikan secara harfiah. Tak pernah dimaksudkan demikian. Beberapa wejangan Yesus termasuk kedalam jenis sastra ini (bdk.{{ayat|Mat 23; 11:20-24}}).
 +
 
 +
===Apocalyps (=persingkapan, wahyu)===
 +
Jenis sastra ini agak dekat dengan jenis sastra kenabian namun berbeda juga. Jenis sastra ini sudah mulai muncul dalam kitab para nabi Perjanjian Lama (beberapa bagian dari Kitab Yeheskiel, Yesaya, Zakarya) tetapi mengalami masa jayanya sekitar jaman masehi (200 sb. Ma-100 Mas.) baik dikalangan Yahudi maupun dikalangan keristen (bekas Yahudi). Wakil jenis sastra ini dalam Alkitab ialah Kitab Daniel dan Wahyu Yohanes. Ciri-ciri jenis sastra (yang tidak selalu diketemukan bersama) ialah: Dalam rupa "wahyu" rahasia (dan harus dirahasiakan) yang disampaikan (kerap kali) oleh seorang malaekat (tak perlu itu sungguh terjadi) sipengarang menceritakan akhir jaman. Kerap kali sejarah hingga masa sipengarangpun disajikan dalam rupa wahyu yang dahulu diberikan kepada seorang tokoh besar (Elias, Ibrahim, Adam, Henokh dll!). Wahyu ini disampaikan dengan gambaran dan kiasan yang ganjil dan aneh sekali, sehingga sukar dipahami. Demikianpun lukisan-lambang, warna tertentu serta angka rahasia sangat digemari. Maksud "apocalyps" ialah menghibur kaum saleh yang menderita, dianiaya dan dikejar. Mereka diberi kekuatan dan harapan dengan melukiskan hari kiamat yang tidak lama lagi akan tiba. Pada saat itu Allah sendiri akan turun tangan secara ajaib untuk menghukum para pendosa (kaum kafir) dan menyelamatkan orang-orang suci (Israil). Jenis sastra ini dalam Perjanjian Baru (kecuali dalam Wahyu Yohanes) dipergunakan dalam wejangan Yesus tentang akhir jaman (bdk. {{ayat|Mar 13}} dsj. {{ayat|Mat 24:31-46}}). Oleh karena jenis sastra itu bagi kita asing sama sekali, maka sukar diartikan dengan tepat. Disini hanya perlu dicatat: kiasan, lambang, gambaran itu jangan diartikan secara harfiah; jangan mencoba mengetrapkan angka-angka pada apa atau siapapun dan jangan memperhitungkan hari kiamat!
 +
 
 +
===Jenis sastra historis===
 +
Jenis sastra ini sesungguhnya menimbulkan kesulitan yang paling banyak. Dalam seluruh Kitab Suci tidak ada "jenis sastra historis" sebagaimana dewasa ini dipakai dalam buku ilmu sejarah. Kitab Suci tak pernah menceritakan sejarah demi sejarah, tapi selalu dengan maksud keagamaan dan maksud itu sangat mempengaruhi caranya peristiwa diceritakan. Kecuali ini harus ditambahkan pula bahwa "jenis sastra historis" dalam Kitab Suci adalah serba majemuk dan ada beberapa macam "jenis historis". Dalam kitab yang sama kerapkali macam-macam jenis bercampur satu sama lain atau bergilir-ganti dipakai.Yang paling dekat pada apa yang kita harapkan dari "sejarah" ialah bagian Alkitab yang disusun berdasarkan dokumen-dokumen yang lebih kurang resmi dari istana, Bait Allah atau berasal dari orang yang sendiri ikut serta dalam kejadian. Bagian besar dari Kitab Raja-raja, Syemuel dan Esra/Nehemia termasuk kedalam "jenis sastra" ini (bdk {{ayat|1Raj 5:15-6; 7:13-51; 20; 22:1-38; 2Raj 4:4-27; 9:1-10:27; 2Syem 13-21; Esr 4-6; Neh 1-6; 10; 12:27-43; 13:4-32}}).Ada juga bagian-bagian Alkitab yang memelihara tradisi rakyat. Atas dasar kejadian-kejadian yang nyata tradisi itu menghias kejadian-kejadian itu dengan macam-macam cerita yang diambil entah dari mana. Maksud cerita-cerita macam itu ialah memuliakan nenek-moyang dan jaman dahulu. Jenis sastra macam itu diketemukan umpamanya dalam {{ayat|Kej 12-50}}; Kitab Yosyua dan Kitab Hakim-hakim. Dan masih ada bagian-bagian lain Kitab Suci yang mempunyai corak yang sama (bdk {{ayat|1Raj 17; 2Raj 1}}). Jelas kiranya bahwa sukar sekali ditetapkan apa yang "sejarah" menurut paham kita dan apa hiasan yang lebih kurang berupa dongeng.Ada juga bagian-bagian (atau kitab seanteronya) berupa historis yang hanya cerita pembina. Maksudnya ialah mengajar sesuatu (perilaku). Kedalam jenis sastra macam itu tergolong umpamanya Kitab Tobit, Yudit, Ester, Yona. Tiap-tiap kali orang harus menyelidiki berapa jauhnya cerita-cerita itu berdasarkan "sejarah", kejadian-kejadian nyata.Lain lagi adalah jenis sastra yang dipakai kitab Tawarikh. Kitab ini sebenarnya bagian terbesar hanya sekali lagi menceritakan bahan yang tercantum dalam Kitab Syemuel dan Raja. Tetapi kisah itu kini diceritakan dengan maksud tertentu dan seluruh bahan ditaklukkan kepada maksud itu dan diolah seperlunya. Memang semua kitab "historis" dalam Alkitab ditulis dengan maksud religius, tetapi maksud religius itu yauh lebih berpengaruh dalam kitab Tawarikh, yang ingin "membuktikan" sesuatu.Perjanjian Barupun menggunakan "jenis sastra historis", yaitu dalam keempat Injil dan dalam Kisah Rasul-rasul. Dalam kitab terakhir ini pelbagai jenis sastra historis dipergunakan. Bagian pertama (pasal 1-12) berdasarkan tradisi-tradisi yang sudah tersedia. Nilai historisnya harus diselidiki tiap-tiap kali. Bagian kedua lebih berupa "laporan" (pasal 13-28) dan nilai historisnya umumnya lebih terjamin. Adapun keempat inyil ada jenis sastranya sendiri. Hal itu diuraikan tempat keempat injil dibicarakan (bdk. [[Injil]]). Pendeknya: Injil adalah suatu kesaksian umat keristen terhadap Yesus, Tuhan kita. Kesaksian itu sebelum dibukukan dalam keempat injil mengalami perkembangan sendiri. Sesungguhnya dalam keempat injil masih ada pelbagai jenis sastra tersendiri, yang semua boleh dikatakan lebih kurang "historis". Didalam injil kisah tentang masa muda Yesus mempunyai corak tersendiri lagi, yang mungkin boleh dikatakan "midrasy".
 +
 
 +
 
 +
:Catatan: ''dialihaksarakan ke ejaan baru oleh SABDA''
 +
{{Buku Hijau|footer}}
 +
<noinclude>{{DISPLAYTITLE:Jenis Sastra}}</noinclude>

Revisi terkini pada 11:11, 30 Juni 2011

Buku Hijau
Sejarah Alkitab di Indonesia
Sejarah Alkitab Daerah Indonesia
Sejarah Alkitab di Luar Indonesia
Biblika
Doktrin Alkitab
Pengantar dan Garis Besar Kitab
Studi Kata Alkitab



Supaya Kitab Suci diartikan dan dipahami dengan tepatnya (dan juga buku-buku lain) harus diketahui dengan baik "jenis sastra" manakah yang dipergunakan. Memang Kitab Suci adalah sabda Allah, tetapi sabda Allah yang menjelma dalam perkataan insani. Dan sabda Allah itu menggunakan semua kemungkinan yang ada dalam bicara manusia yang bermacam ragam. Tidak ada satupun yang tidak dapat dipakai oleh Allah untuk menyatakan diri serta kehendakNya. Maka itu untuk ilmu tafsir Alkitab adalah perlu sekali mempelajari cara-cara yang dipergunakan manusia dahulu untuk mengungkapkan pikiran serta menyatakan kebenaran.

Daftar isi

Jenis sastra pada umumnya

"Jenis sastra" ialah cara mengucapkan pikiran secara tertulis atau secara lisan. Memang ada pelbagai cara yang masing-masing menempuh jalannya sendiri, menuruti patokan dan kaidah khusus untuk memberitahukan sesuatu. Tidak semua cara begitu saja dapat dipakai untuk menyatakan sesuatu, tetapi kerap kali pikiran tertentu hanya dapat diungkapkan dengan jalan itu atau ini, sedangkan jalan lain tidaklah mungkin. Pidato presiden pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia tidak dapat berupa cerita pendek atau dongeng. Suatu khotbah tidak dapat disajikan dalam bentuk suatu laporan sebagaimana biasanya dibuat pegawai polisi, atau berupa "rekening" yang dikirim untuk dilunasi. Untuk mengerti kebenaran yang terungkap haruslah diketahui jenis sastra manakah yang dipakai. Kalau tidak maka timbullah salah paham atau malah kekeliruan pada si pendengar atau di pembaca. Misalnya sebuah roman atau cerita pendek lain maksudnya daripada suatu laporan yang dikarang seorang wartawan yang mengunjungi daerah atau tentang suatu peristiwa atau orang. Jika roman atau cerita pendek diartikan sebagai laporan atau buku ilmu sejarah, sudah barang tentu maksud si pengarang tidak dimengerti dan si pembaca keliru sekali. Demikianpun jenis sastra yang dewasa ini amat laku, yaitu "science fiction". Itu jangan dianggap sebagai laporan dari laboratorium atau laporan yang dibuat astronaut yang sedang dijalan kebulan. Sebuah sajak atau khotbah lain maksudnya dan kebenarannya daripada sebuah reportage televisi atau radio. Dongeng Anderson mengucapkan kebenaran lain daripada Kitab Hukum yang dibuat Napoleon. Dalam hidup sehari-hari pelbagai jenis sastra yang sekarang suka dipakai memang jarang menimbulkan salah paham atau kesulitan. Setiap orang begitu saja tahu, justru oleh karena umum dan biasa dipakai jenis sastra manakah dijumpainya. Dan begitu saja jenis sastra dapat dinilai semestinya. Hanya pabila jenis baru muncul orang dapat keliru sebentar.Jadi jenis sastra pada umumnya ialah suatu (beberapa) cara yang dijaman dan lingkungan kebudayaan tertentu umum dipakai untuk menyatakan isi hati, pikiran dan kebenaran. Masing-masing jenis sastra ada kaidah dan patokannya sendiri untuk mengungkapkan kebenaran yang dimaksudkan.Kesulitan barulah muncul pabila halnya jenis sastra dari jaman dahulu, yang dewasa ini (atau dalam lingkungan kita) tidak (lagi) dipergunakan sebagai cara biasa untuk menyatakan isi hati. Dan demikianlah halnya Kitab Suci. Alkitab ditulis dijaman dahulu, sepanjang lk. seribu tahun, dua-tiga ribu tahun yang lalu dalam alam kebudayaan yang bukan alam kebudayaan kita dalam abad keduapuluh masehi. Alkitab juga tidak sekali jadi dikarang, melainkan berangsur-angsur tumbuh sepanjang jangka waktu agak lama yang mengalami perubahan-perubahan yang tidak kecil. Maka itu penting sekali diketahui jenis-jenis sastra manakah dipergunakan Kitab Suci dan kaidah serta patokan manakah dituruti oleh jenis sastra tertentu. Sebelum kesemuanya itu diketahui dengan saksama ada bahaya besar bahwa Alkitab tidak dimengerti maksudnya atau malah diartikan salah sama sekali. Pentingnya jenis-jenis sastra Kitab Suci ditekankan oleh Pius XII (surat edaran: Divino afflante Spiritu) dan sekali lagi ditekankan oleh konsili Vatikan II (Konstitusi Dei Verbum). Dalam ilmu tafsir Alkitab dewasa ini "jenis sastra" memainkan peranan penting. Namun demikian ternyatalah bahwa "jenis sastra" tidak mampu memecahkan semua soal dan masalah yang ditimbulkan baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.Untuk menetapkan jenis-jenis sastra yang dipergunakan Alkitab sangat bermanfaat kitab Suci dibandingkan dengan jenis sastra yang laku dijaman itu dan dilingkungan kebudayaan disekitar Israil dan Palestina. Kerap kali kesamaan segera menonjol. Namun demikian ada juga jenis sastra yang khusus milik Kitab Suci. Keistimewaan kesusastraan itu ada sangkut pautnya dengan kekhasan iman dan keyakinan keagamaan yang tercantum dalam Kitab Suci. Terjadi juga bahwa jenis sastra tertentu diambil alih tapi disesuaikan dengan keyakinan yahudi atau keristen yang khas.Ada mungkin juga dan ternyata terjadi bahwa dalam kitab yang satu dan sama dipergunakan pelbagai macam jenis sastra. Jenis sastra Kej 1-11 ternyata lain dari jenis sastra Kej 12-50. Demikianpun jenis sastra yang dipergunakan untuk menceritakan masa muda Yesus atau kebangkitanNya lain dari jenis sastra yang dipakai untuk menceritakan riwayat hidupnya. Jenis sastra Injil Yohanes agak berbeda sedikit dari jenis sastra para sinoptisi. Khotbah di Bukit lain jenis sastranya daripada wejangan Yesus tentang akhir jaman.

Beberapa jenis sastra dalam Kitab Suci

Kitab Suci menggunakan pelbagai jenis sastra yang tidak menimbulkan kesulitan khusus. Ada jenis sastra yang berupa prosa dan juga yang berupa puisi. Sajak banyak dipakai dalam Alkitab (Kitab Mazmur, bagian terbesar dari kitab-kitab para nabi; beberapa lagu (kuno) yang terserak-serak dalam kitab-kitab lain yang umumnya menggunakan prosa (Kej 49; Peng 15; C, J 11:35-36; 21:14-18:27-3; Hak 5 dll.). Ada jenis sastra yang berupa dialog (Iyob), sedangkan Madah Agung dalam Alkitab mewakili jenis sastra "Lagu Cinta" (bdk Mzm 45). Jenis sastra Hukum" diketemukan khususnya dalam Taurat Musa. Jenis sastra "Kebijaksanaan" amat laku dijaman belakangan Perjanjian Lama, meskipun sejak dahulu kala sudah dipakai. Jenis sastra ini suka menggunakan macam-macam pepatah pendek dan tajam, atau juga yang lebih panjang. Biasanya diambil dari pengalaman hidup sehari-hari. Dijaman kemudian "kebijaksanaan" praktis itu suka dipulangkan kepada Tuhan sendiri dan didasarkan pada Taurat Musa. Maksud jenis sastra ini ialah: mendidik (kaum kemuka), supaya nanti mendapat kedudukan yang wajar dalam masyarakat (sebagai guru atau pegawai). Juga diluar Israil jenis sastra ini amat laku dan jelas bahwa "para bijak Israil" terpengaruh oleh kaum bijak diluar negeri. Dalam Kitab Suci jenis sastra ini diwakili terutama oleh Kitab Amsal dan Kitab Petrus Sirah. Kitab Kebijaksanaan adalah suatu lanjutan tapi lebih menyurus ke "midrasy" dan "filsafat". Jenis sastra yang dalam Perjanjian Lama hampir saja tidak dipakai tetapi sangat digemari dalam Perjanjian Baru ialah: surat-menyurat. Surat-surat dari Perjanjian Baru, khususnya surat-surat Paulus umumnya menuruti patokan-patokan yang didunia Yunani-Romawi laku untuk jenis sastra ini.Tetapi ada beberapa jenis sastra dalam Kitab Suci yang dapat menimbulkan kesulitan. Karenanya ada baiknya diutarakan barang sedikit.

Midrasy

Ini suatu jenis sastra yang khas dalam Kitab Suci dan didunia Yahudi dijaman sesudah Kitab Suci. Ditempat lain (SASTERA YAHUDI, Midrasyim) jenis sastra yang khas ini dibicarakan.

Jenis sastra kenabian

Jenis sastra ini sebenarnya diketemukan juga diluar Kitab Suci, tapi terutama dalam Alkitab dikembangkan sampai puncaknya. Kemudian hilang sama sekali dan hanya sebentar hidup kembali dalam Kuran. Jenis sastra ini sesungguhnya serba majemuk. Para nabi menggunakan macam-macam jenis sastra lain (Lagu ratap, Lagu Ejekan, Allegorie, riwayat hidup dll.) tetapi keistimewaannya ialah "firman Allah". Adakalanya "firman" itu hanya diucapkan sebagaimana diterima oleh si nabi, tetapi adakalanya firman Allah itu diberi berkomentar dalam khotbah-khotbah si nabi yang hangat berkobar-kobar. Firman dan khotbah itu menyerang, mengancam rakyat dan kaum pemuka di Israil karena keburukannya. Keburukan itu dilukiskan sehitam-hitamnya. Kepada rakyat dan pemuka diancamkan malapetaka, ataupun si nabi menghibur rakyat yang tertimpa dengan janji bagi masa mendatang yang amat bahagia. Baik dalam ancaman maupun dalam janjinya si nabi pertama-tama mau mengesankan kepada hati rakyat. Ia menggambarkan semua dengan gambaran dan kiasan hebat yang seringkali sudah tradisionil dalam jenis sastra ini. Maka itu kiasan, gambaran dan lukisan tentang malapetaka dan masa bahagia nanti jangan diartikan secara harfiah. Tak pernah dimaksudkan demikian. Beberapa wejangan Yesus termasuk kedalam jenis sastra ini (bdk.Mat 23; 11:20-24).

Apocalyps (=persingkapan, wahyu)

Jenis sastra ini agak dekat dengan jenis sastra kenabian namun berbeda juga. Jenis sastra ini sudah mulai muncul dalam kitab para nabi Perjanjian Lama (beberapa bagian dari Kitab Yeheskiel, Yesaya, Zakarya) tetapi mengalami masa jayanya sekitar jaman masehi (200 sb. Ma-100 Mas.) baik dikalangan Yahudi maupun dikalangan keristen (bekas Yahudi). Wakil jenis sastra ini dalam Alkitab ialah Kitab Daniel dan Wahyu Yohanes. Ciri-ciri jenis sastra (yang tidak selalu diketemukan bersama) ialah: Dalam rupa "wahyu" rahasia (dan harus dirahasiakan) yang disampaikan (kerap kali) oleh seorang malaekat (tak perlu itu sungguh terjadi) sipengarang menceritakan akhir jaman. Kerap kali sejarah hingga masa sipengarangpun disajikan dalam rupa wahyu yang dahulu diberikan kepada seorang tokoh besar (Elias, Ibrahim, Adam, Henokh dll!). Wahyu ini disampaikan dengan gambaran dan kiasan yang ganjil dan aneh sekali, sehingga sukar dipahami. Demikianpun lukisan-lambang, warna tertentu serta angka rahasia sangat digemari. Maksud "apocalyps" ialah menghibur kaum saleh yang menderita, dianiaya dan dikejar. Mereka diberi kekuatan dan harapan dengan melukiskan hari kiamat yang tidak lama lagi akan tiba. Pada saat itu Allah sendiri akan turun tangan secara ajaib untuk menghukum para pendosa (kaum kafir) dan menyelamatkan orang-orang suci (Israil). Jenis sastra ini dalam Perjanjian Baru (kecuali dalam Wahyu Yohanes) dipergunakan dalam wejangan Yesus tentang akhir jaman (bdk. Mar 13 dsj. Mat 24:31-46). Oleh karena jenis sastra itu bagi kita asing sama sekali, maka sukar diartikan dengan tepat. Disini hanya perlu dicatat: kiasan, lambang, gambaran itu jangan diartikan secara harfiah; jangan mencoba mengetrapkan angka-angka pada apa atau siapapun dan jangan memperhitungkan hari kiamat!

Jenis sastra historis

Jenis sastra ini sesungguhnya menimbulkan kesulitan yang paling banyak. Dalam seluruh Kitab Suci tidak ada "jenis sastra historis" sebagaimana dewasa ini dipakai dalam buku ilmu sejarah. Kitab Suci tak pernah menceritakan sejarah demi sejarah, tapi selalu dengan maksud keagamaan dan maksud itu sangat mempengaruhi caranya peristiwa diceritakan. Kecuali ini harus ditambahkan pula bahwa "jenis sastra historis" dalam Kitab Suci adalah serba majemuk dan ada beberapa macam "jenis historis". Dalam kitab yang sama kerapkali macam-macam jenis bercampur satu sama lain atau bergilir-ganti dipakai.Yang paling dekat pada apa yang kita harapkan dari "sejarah" ialah bagian Alkitab yang disusun berdasarkan dokumen-dokumen yang lebih kurang resmi dari istana, Bait Allah atau berasal dari orang yang sendiri ikut serta dalam kejadian. Bagian besar dari Kitab Raja-raja, Syemuel dan Esra/Nehemia termasuk kedalam "jenis sastra" ini (bdk 1Raj 5:15-6; 7:13-51; 20; 22:1-38; 2Raj 4:4-27; 9:1-10:27; 2Syem 13-21; Esr 4-6; Neh 1-6; 10; 12:27-43; 13:4-32).Ada juga bagian-bagian Alkitab yang memelihara tradisi rakyat. Atas dasar kejadian-kejadian yang nyata tradisi itu menghias kejadian-kejadian itu dengan macam-macam cerita yang diambil entah dari mana. Maksud cerita-cerita macam itu ialah memuliakan nenek-moyang dan jaman dahulu. Jenis sastra macam itu diketemukan umpamanya dalam Kej 12-50; Kitab Yosyua dan Kitab Hakim-hakim. Dan masih ada bagian-bagian lain Kitab Suci yang mempunyai corak yang sama (bdk 1Raj 17; 2Raj 1). Jelas kiranya bahwa sukar sekali ditetapkan apa yang "sejarah" menurut paham kita dan apa hiasan yang lebih kurang berupa dongeng.Ada juga bagian-bagian (atau kitab seanteronya) berupa historis yang hanya cerita pembina. Maksudnya ialah mengajar sesuatu (perilaku). Kedalam jenis sastra macam itu tergolong umpamanya Kitab Tobit, Yudit, Ester, Yona. Tiap-tiap kali orang harus menyelidiki berapa jauhnya cerita-cerita itu berdasarkan "sejarah", kejadian-kejadian nyata.Lain lagi adalah jenis sastra yang dipakai kitab Tawarikh. Kitab ini sebenarnya bagian terbesar hanya sekali lagi menceritakan bahan yang tercantum dalam Kitab Syemuel dan Raja. Tetapi kisah itu kini diceritakan dengan maksud tertentu dan seluruh bahan ditaklukkan kepada maksud itu dan diolah seperlunya. Memang semua kitab "historis" dalam Alkitab ditulis dengan maksud religius, tetapi maksud religius itu yauh lebih berpengaruh dalam kitab Tawarikh, yang ingin "membuktikan" sesuatu.Perjanjian Barupun menggunakan "jenis sastra historis", yaitu dalam keempat Injil dan dalam Kisah Rasul-rasul. Dalam kitab terakhir ini pelbagai jenis sastra historis dipergunakan. Bagian pertama (pasal 1-12) berdasarkan tradisi-tradisi yang sudah tersedia. Nilai historisnya harus diselidiki tiap-tiap kali. Bagian kedua lebih berupa "laporan" (pasal 13-28) dan nilai historisnya umumnya lebih terjamin. Adapun keempat inyil ada jenis sastranya sendiri. Hal itu diuraikan tempat keempat injil dibicarakan (bdk. Injil). Pendeknya: Injil adalah suatu kesaksian umat keristen terhadap Yesus, Tuhan kita. Kesaksian itu sebelum dibukukan dalam keempat injil mengalami perkembangan sendiri. Sesungguhnya dalam keempat injil masih ada pelbagai jenis sastra tersendiri, yang semua boleh dikatakan lebih kurang "historis". Didalam injil kisah tentang masa muda Yesus mempunyai corak tersendiri lagi, yang mungkin boleh dikatakan "midrasy".


Catatan: dialihaksarakan ke ejaan baru oleh SABDA
Artikel ini diambil dari:
Judul belum diketahui, tapi kami menyebutnya sebagai buku hijau.
kembali ke atas