Sejarah Alkitab Indonesia

artikel/geredja sekitar muria.htm

Bagikan ke Facebook

Dari Sejarah Alkitab Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari
Baris 1: Baris 1:
{{kanan|{{Sejarah Gereja di Indonesia}}|{{Sejarah Alkitab Daerah di Indonesia}}}}
{{kanan|{{Sejarah Gereja di Indonesia}}|{{Sejarah Alkitab Daerah di Indonesia}}}}
-
Djuga Geredja sekitar Muria jang dimuntjulkan oleh aliran Mennonit (= Doopsgezind) membawa faset jang baru kedalam kekristenan Djawa. mengingat sifat jang istimewa jang terdapat pada orang-orang Mennonit, barangkali timbullah sangkalan, se-akan-akan tjara kekristenannja tidak bisa tjotjok dengan kekristenan jang telah berwudjud dipulau Djawa ini. Mereka menolak baptisan kanak-kanak, dan sumpah dan wadjib militer. Pendapat mereka mengenai Geredja, bentuknja serta pendjabat-pedjabatnja djuga berbeda dari pada jang sudah dilakukan diantara orang-orang Kristen dipulau Djawa ini.
+
Juga Gereja sekitar Muria yang dimunculkan oleh aliran Mennonit (= Doopsgezind) membawa faset yang baru kedalam kekristenan Jawa. mengingat sifat yang istimewa yang terdapat pada orang-orang Mennonit, barangkali timbullah sangkalan, se-akan-akan cara kekristenannya tidak bisa cocok dengan kekristenan yang telah berwujud dipulau Jawa ini. Mereka menolak baptisan kanak-kanak, dan sumpah dan wajib militer. Pendapat mereka mengenai Gereja, bentuknya serta penjabat-pejabatnya juga berbeda dari pada yang sudah dilakukan diantara orang-orang Kristen dipulau Jawa ini.
-
Sebenarnja soal itu bukan soal baru, melainkan sudah diinsafi ketika para pekabar Indjil Baptis, jang sifatnja hampir sama dengan sifat Mennonit, memasuki Indonesia pada tahun 1812. Ketika perhimpunan Pekabaran Indjil "Doopsgezind" didirikan pada tahun 1847 di Belanda, maka soal tadi mendjadi begitu hangat sehingga mereka berpendapat, bahwa diantara usaha-usaha Pekabaran Indjil jang sudah dilakukan di Indonesia tidak ada kesempatan dan tempat lagi bagi sifat jang chusus itu. Mereka tidak suka mengganggu usaha-usaha dari pihak lain.
+
Sebenarnya soal itu bukan soal baru, melainkan sudah diinsafi ketika para pekabar Injil Baptis, yang sifatnya hampir sama dengan sifat Mennonit, memasuki Indonesia pada tahun 1812. Ketika perhimpunan Pekabaran Injil "Doopsgezind" didirikan pada tahun 1847 di Belanda, maka soal tadi menjadi begitu hangat sehingga mereka berpendapat, bahwa diantara usaha-usaha Pekabaran Injil yang sudah dilakukan di Indonesia tidak ada kesempatan dan tempat lagi bagi sifat yang khusus itu. Mereka tidak suka mengganggu usaha-usaha dari pihak lain.
-
# Namun begitu pada tahun 1815 mereka mengutus P. Jansz, ke Indonesia. Jansz, seorang guru jang tjakap, diberi izin untuk tinggal disebidang tanah milik seorang Armenia di Djapara. Diantara ke-6000 penduduk tanah itu Jansz memperoleh izin untuk memberitakan Injil. Pada 16 April 1854 dapatlah ia membaptiskan 5 orang. Tetapi hasil pekerdjaannja diantara penduduk-penduduk jang sangat kuat didalam agama Islam itu sedikit. Sesudah 20 tahun bekerdja baru tertjapai djumlah sebanjak 16 orang laki-laki dan 21 perempuan beserta 27 kanak-kanak yang tidak dibaptis, sesuai dengan adjaran Mennonit. Perlu dikemukakan, bahwa hasil selama 20 tahun itu bukan karena usaha Jansz sendiri sadja, melainkan djuga karena usaha beberapa Pekabar Indjil Mennonit jang diperbantukan kepadanja. Diantara mereka terdapat djuga Klinkert, jang kemudian ditugaskan menterdjemahkan Alkitab kedalam bahasa Melaju.Harus djuga disesalkan, bahwa para pekabar Indjil tidak beroleh hubungan dengan golongan-golongan Kristen jang telah muntjul didalam daerahnja. Kita sudah mengenal golongan-golongan itu di Rembang, Kajuapu dan Pati, jang merupakan buah-buah dari pengindjilan Djawa Timur, dan jang dipelihara oleh pekabar Indjil NZG di Semarang jaitu Hoezoo.Selain itu tidak ada pula hubungan dengan golongan Kristen Djawa jang terkumpul disekitar Tunggul Wulung di Bondo dan di Banju Towo, jang anggota-anggotanja berdjumlah kurang lebih 200 orang. Tunggul Wulung tersebut termasuk golongan orang-orang Djawa pada pertengahan abad ke-19, jang sangat tebuka hatinja untuk Indjil Jellesma di Modjowarno. Sebenarnja ia adalah seorang kiai jang berpengaruh didalam masjarakat Djawa. Ber-tahun-tahun lamanja ia bertapa di Gunung Kelud dan tjeritanja kepada Jellesma mengenai alasannja hendak masuk Kristen adalah aneh. Dengan tak di-sangka-sangka, demikian tjeritanja, ia menemukan dibawah tikarnja ditempatnja bertapa kesepuluh perintah Allah serta ia mendapat ilham untuk pergi ke Modjowarno. Akibat perkundjungannja itu ialah bahwa ia dibaptiskan oleh Jellesma pada tahun 1857. Tiada putus-putusnja Tunggul Wulung mengembara sebagai pengindjil dengan ichtiar sendiri. Dari desa kedesa, dari kota kekota di Djawa Timur, Djawa Timur malahan sampai ke Djawa Barat, Ia mentjari hubungan dengan Mr. Anthing (lih. hlm. 194) dan anaknja pun mendjadi seorang pengindjil didalam djemaat-djemaat Anting.Sadrachpun (lih. hlm. 177) mendjadi penganutnja pada waktu ia mengumpulkan sedjumlah keluarga Djawa dari Semarang dan sekitarnja, dengan maksud untuk mendirikan satu desa Kristen di Bondo dan di Banju Towo jang telah disebut diatas. Sajang sekali Tunggul Wulung beserta dengan golongannja menolak untuk menggabungkan diri dengan golongan Kristen ketjil dibawah bimbingan para pekabar Indjil. Memang tjaranja sebagai orang-orang Kristen tidak tjoktjok dengan tjara para pekabar Indjil itu. Boleh dikatakan, bahwa kekristenan Djawalah jang diutamakan oleh mereka. Etika Kristen pun belum diinsafi oleh mereka, sehingga persaudaraaan antara mereka dan golongan-golongan Kristen jang pertama tak mungkin dipupuk oleh para pekabar Indjil. Baru setelah meninggalkan Tanggul Wulung (1884) maka golongan-golongan itu mentjari perhubungan dengan para pekabar Indjil tersebut. Pada tahun 1869 berdirilah djemaat jang pertama jaitu Kedung Pendjalin atas usaha seorang pengindjil bernama Pasrah.
+
# Namun begitu pada tahun 1815 mereka mengutus P. Yansz, ke Indonesia. Yansz, seorang guru yang cakap, diberi izin untuk tinggal disebidang tanah milik seorang Armenia di Japara. Diantara ke-6000 penduduk tanah itu Yansz memperoleh izin untuk memberitakan Inyil. Pada 16 April 1854 dapatlah ia membaptiskan 5 orang. Tetapi hasil pekerjaannya diantara penduduk-penduduk yang sangat kuat didalam agama Islam itu sedikit. Sesudah 20 tahun bekerja baru tercapai jumlah sebanyak 16 orang laki-laki dan 21 perempuan beserta 27 kanak-kanak yang tidak dibaptis, sesuai dengan ajaran Mennonit. Perlu dikemukakan, bahwa hasil selama 20 tahun itu bukan karena usaha Yansz sendiri saja, melainkan juga karena usaha beberapa Pekabar Injil Mennonit yang diperbantukan kepadanya. Diantara mereka terdapat juga Klinkert, yang kemudian ditugaskan menterjemahkan Alkitab kedalam bahasa Melayu.Harus juga disesalkan, bahwa para pekabar Injil tidak beroleh hubungan dengan golongan-golongan Kristen yang telah muncul didalam daerahnya. Kita sudah mengenal golongan-golongan itu di Rembang, Kayuapu dan Pati, yang merupakan buah-buah dari penginjilan Jawa Timur, dan yang dipelihara oleh pekabar Injil NZG di Semarang yaitu Hoezoo.Selain itu tidak ada pula hubungan dengan golongan Kristen Jawa yang terkumpul disekitar Tunggul Wulung di Bondo dan di Banyu Towo, yang anggota-anggotanya berjumlah kurang lebih 200 orang. Tunggul Wulung tersebut termasuk golongan orang-orang Jawa pada pertengahan abad ke-19, yang sangat tebuka hatinya untuk Injil Yellesma di Mojowarno. Sebenarnya ia adalah seorang kiai yang berpengaruh didalam masyarakat Jawa. Ber-tahun-tahun lamanya ia bertapa di Gunung Kelud dan ceritanya kepada Yellesma mengenai alasannya hendak masuk Kristen adalah aneh. Dengan tak di-sangka-sangka, demikian ceritanya, ia menemukan dibawah tikarnya ditempatnya bertapa kesepuluh perintah Allah serta ia mendapat ilham untuk pergi ke Mojowarno. Akibat perkunjungannya itu ialah bahwa ia dibaptiskan oleh Yellesma pada tahun 1857. Tiada putus-putusnya Tunggul Wulung mengembara sebagai penginjil dengan ikhtiar sendiri. Dari desa kedesa, dari kota kekota di Jawa Timur, Jawa Timur malahan sampai ke Jawa Barat, Ia mencari hubungan dengan Mr. Anthing (lih. hlm. 194) dan anaknya pun menjadi seorang penginjil didalam jemaat-jemaat Anting.Sadrakhpun (lih. hlm. 177) menjadi penganutnya pada waktu ia mengumpulkan sejumlah keluarga Jawa dari Semarang dan sekitarnya, dengan maksud untuk mendirikan satu desa Kristen di Bondo dan di Banyu Towo yang telah disebut diatas. Sayang sekali Tunggul Wulung beserta dengan golongannya menolak untuk menggabungkan diri dengan golongan Kristen kecil dibawah bimbingan para pekabar Injil. Memang caranya sebagai orang-orang Kristen tidak cokcok dengan cara para pekabar Injil itu. Boleh dikatakan, bahwa kekristenan Jawalah yang diutamakan oleh mereka. Etika Kristen pun belum diinsafi oleh mereka, sehingga persaudaraaan antara mereka dan golongan-golongan Kristen yang pertama tak mungkin dipupuk oleh para pekabar Injil. Baru setelah meninggalkan Tanggul Wulung (1884) maka golongan-golongan itu mencari perhubungan dengan para pekabar Injil tersebut. Pada tahun 1869 berdirilah jemaat yang pertama yaitu Kedung Penjalin atas usaha seorang penginjil bernama Pasrah.
-
# Dipengaruhi oleh kedjadian di Djawa Timur serta didorong oleh pengalamannja sendiri maka Jansz mengarang suatu surat selebaran pada tahun 1872 jang berpokok: "Usaha pekabaran Indjil dengan djalan membuka tanah." Ia berpendapat bahwa hidup orang-orang Djawa setjara batin dan lahir sangat bersangkutpaut dengan ikatan desa. Hal ini merupakan rintangan-rintangan jang hampir tak dapat diatasi oleh para pekabar Indjil. Oleh kesadaran itu maka Jansz mengusulkan untuk membuka tanah, serta mendirikan desa-desa Kristen jang memungkinkan adanja suatu suasana Kristen dibawah pemerintah desa Kristen. Hanja dengan djalan itu maka Indjil bisa masuk kedalam suku Djawa, demikian Jansz.Anaknja, jaitu P.A. Jansz, jang diutus oleh perhimpunan Pekabaran Indjil untuk membantu ajahnja, dengan giat melaksanakan usul-usul tersebut. Pada tahun 1881 dibukalah tanah Margoredjo. Tanah tersebut terbuka untuk siapa sadja, tetapi dengan sjarat bahwa mereka harus menaati suatu peraturan tertentu. Misalnja dituntut dari mereka supaja menghentikan pekerdjaan mereka pada hari Minggu, dan mengundjungi kebaktian-kebaktian. Selain daripada itu mereka diharuskan membajar sedikit sewa tanah. Pemerintah desa tersendiri dari orang-orang Kristen, dan jang mendjadi tuan tanah memanglah pekabar Indjil sendiri. Kemudian didirikan beberapa desa jang lain, misalnja Margokerto (1901) dan Pakis (1925) jang pada tahun 1941 didjual lagi. Ber-angsur-angsur pimpinan desa-desa jang dipegang oleh para pekabar Indjil diserahkan kepada orang-orang Djawa.Meskipun usaha tersebut boleh dikatakan sehat serta bermanfaat, namun harus diakui bahwa maksud jang terutama tidaklah tertjapai. Tetapi pada pihak lain tak dapat disangkal bahwa pekerdjaan pengasihan, misalnja poliklinik dan sebagainja, jang dilaksanakan didalam desa-desa itu, ber-angsur-angsur mengakibatkan perubahan suasana disekitarnja. Bahkan di Kelet disekitar rumah sakit jang didirikan pada tahun 1915, muntjullah suatu djemaat pada tahun 1923. Djuga asrama orang-orang kusta di Donoredjo (1916) mempunjai pengaruh jang tidak sedikit.Sedjak tahun 1928 -- hampir sama dengan di Djawa Timur -- pekabaran Indjil di-kota-kota mendapat perhatian. Kota-kota jang per-tama-tama menerima berita Indjil ialah Kudus dan Pati. Terbentuklah djemaat-djemaat jang anggota-anggotanja terdiri dari para mantri Kristen, para pegawai dan para pemuda. Akan tetapi perkembangan Geredja selaku organisasi berdjalan amat lambat. Hal itu disebabkan oleh sifat Mennonit jang tidak memperhatikan organisasi Geredja serta para pedjabatnja. Dapatlah dimengerti, bahwa mereka tidak mengusahakan pendidikan theologia untuk memperoleh pendeta-pendeta. Mereka mempekerdjakan guru-guru sekolah mendjadi pemimpin djemaat-djemaat setempat. Kepada mereka diberikan hal melajani sakramen, sehingga pada tahun 1940 memang terdapat 5 pemimpin djemaat jang mempunjai hak tersebut. Diantara merea ada djuga jang dididik disekolah pendeta di Ungaran, dan kemudian di Bale Wyoto di Malang. Untuk mengadakan organisasi jang menghubungkan djemaat-djemaat setempat maka pada tanggal 30 Mei 1940 didirikanlah "Patunggilan Pasamuan Kristen Djawi tata Indjil ing keresidenan Pati, Kudus lan Djapara". Dua belas djemaat dengan kira-kira angotanja tergabung didalam organisasi itu.
+
# Dipengaruhi oleh kejadian di Jawa Timur serta didorong oleh pengalamannya sendiri maka Yansz mengarang suatu surat selebaran pada tahun 1872 yang berpokok: "Usaha pekabaran Injil dengan jalan membuka tanah." Ia berpendapat bahwa hidup orang-orang Jawa secara batin dan lahir sangat bersangkutpaut dengan ikatan desa. Hal ini merupakan rintangan-rintangan yang hampir tak dapat diatasi oleh para pekabar Injil. Oleh kesadaran itu maka Yansz mengusulkan untuk membuka tanah, serta mendirikan desa-desa Kristen yang memungkinkan adanya suatu suasana Kristen dibawah pemerintah desa Kristen. Hanya dengan jalan itu maka Injil bisa masuk kedalam suku Jawa, demikian Yansz.Anaknya, yaitu P.A. Yansz, yang diutus oleh perhimpunan Pekabaran Injil untuk membantu ayahnya, dengan giat melaksanakan usul-usul tersebut. Pada tahun 1881 dibukalah tanah Margorejo. Tanah tersebut terbuka untuk siapa saja, tetapi dengan syarat bahwa mereka harus menaati suatu peraturan tertentu. Misalnya dituntut dari mereka supaya menghentikan pekerjaan mereka pada hari Minggu, dan mengunjungi kebaktian-kebaktian. Selain daripada itu mereka diharuskan membayar sedikit sewa tanah. Pemerintah desa tersendiri dari orang-orang Kristen, dan yang menjadi tuan tanah memanglah pekabar Injil sendiri. Kemudian didirikan beberapa desa yang lain, misalnya Margokerto (1901) dan Pakis (1925) yang pada tahun 1941 dijual lagi. Ber-angsur-angsur pimpinan desa-desa yang dipegang oleh para pekabar Injil diserahkan kepada orang-orang Jawa.Meskipun usaha tersebut boleh dikatakan sehat serta bermanfaat, namun harus diakui bahwa maksud yang terutama tidaklah tercapai. Tetapi pada pihak lain tak dapat disangkal bahwa pekerjaan pengasihan, misalnya poliklinik dan sebagainya, yang dilaksanakan didalam desa-desa itu, ber-angsur-angsur mengakibatkan perubahan suasana disekitarnya. Bahkan di Kelet disekitar rumah sakit yang didirikan pada tahun 1915, muncullah suatu jemaat pada tahun 1923. Juga asrama orang-orang kusta di Donorejo (1916) mempunyai pengaruh yang tidak sedikit.Sejak tahun 1928 -- hampir sama dengan di Jawa Timur -- pekabaran Injil di-kota-kota mendapat perhatian. Kota-kota yang per-tama-tama menerima berita Injil ialah Kudus dan Pati. Terbentuklah jemaat-jemaat yang anggota-anggotanya terdiri dari para mantri Kristen, para pegawai dan para pemuda. Akan tetapi perkembangan Gereja selaku organisasi berjalan amat lambat. Hal itu disebabkan oleh sifat Mennonit yang tidak memperhatikan organisasi Gereja serta para pejabatnya. Dapatlah dimengerti, bahwa mereka tidak mengusahakan pendidikan theologia untuk memperoleh pendeta-pendeta. Mereka mempekerjakan guru-guru sekolah menjadi pemimpin jemaat-jemaat setempat. Kepada mereka diberikan hal melayani sakramen, sehingga pada tahun 1940 memang terdapat 5 pemimpin jemaat yang mempunyai hak tersebut. Diantara merea ada juga yang dididik disekolah pendeta di Ungaran, dan kemudian di Bale Wyoto di Malang. Untuk mengadakan organisasi yang menghubungkan jemaat-jemaat setempat maka pada tanggal 30 Mei 1940 didirikanlah "Patunggilan Pasamuan Kristen Jawi tata Injil ing keresidenan Pati, Kudus lan Japara". Dua belas jemaat dengan kira-kira angotanya tergabung didalam organisasi itu.
-
# Penderitaan Geredja dimasa perang dunia kedua dan sesudahnja adalah hebat sekali. Golongan Islam jang sangat fanatik menganiaja mereka se-akan-akan melakukan djihad untuk memusnahkan mereka jang tidak mau menganut agama Islam. Beberapa gedung geredja dimusnahkan, malahan orang-orang Kristen diantjam supaja mendjadi murtad. Tetapi sesudah peperangan didalam perdjuangan kemerdekaan maka pemuda-pemuda Kristen didaerah itu membuktikan sikap nasional mereka, sehingga sedjak waktu itu mereka diakui didalam masjarakat.Meskipun dalam beberapa soal adjaran Geredja itu berbeda dengan Geredja-geredja jang lain, namun begitu Geredja Mennonit itu bersedia untuk bekerdjasama setjara oikumene. Memang timbul persoalan-persoalan misalnja mengenai pemeliharaan atas mereka jang berpindah kedaerahnja dari Geredja jang lain. Bagaimanakah sikap mereka terhadap baptisan dewasa, dan sebagaimana? Akan tetapi perbedaan-perbedaan itu dapat diselesaikan didalam suasana persaudaraan jang benar. Lagi pula adanja suatu Geredja jang menitikberatkan beberapa soal berarti djuga suatu pertolongan bagi Geredja jang lain, supaja mereka djangan tenggelam didalam tradisinja, melainkan selalu mentjari kebenaran.Seperti halnja di Geredja-geredja jang lain dipulau Djawa, demikian djuga didaerah ini muntjullah golongan Kristen Tionghoa, disamping Geredja sekitar Muria tersebut. Terkumpullah di-kota-kota djemaat-djemaat Tionghoa Mennonit jang besar djumlahnja. Sedjarahnja akan kita gambarkan dalam fasal mengenai sedjarah Geredja-geredja Tionghoa.
+
# Penderitaan Gereja dimasa perang dunia kedua dan sesudahnya adalah hebat sekali. Golongan Islam yang sangat fanatik menganiaya mereka se-akan-akan melakukan jihad untuk memusnahkan mereka yang tidak mau menganut agama Islam. Beberapa gedung gereja dimusnahkan, malahan orang-orang Kristen diancam supaya menjadi murtad. Tetapi sesudah peperangan didalam perjuangan kemerdekaan maka pemuda-pemuda Kristen didaerah itu membuktikan sikap nasional mereka, sehingga sejak waktu itu mereka diakui didalam masyarakat.Meskipun dalam beberapa soal ajaran Gereja itu berbeda dengan Gereja-gereja yang lain, namun begitu Gereja Mennonit itu bersedia untuk bekerjasama secara oikumene. Memang timbul persoalan-persoalan misalnya mengenai pemeliharaan atas mereka yang berpindah kedaerahnya dari Gereja yang lain. Bagaimanakah sikap mereka terhadap baptisan dewasa, dan sebagaimana? Akan tetapi perbedaan-perbedaan itu dapat diselesaikan didalam suasana persaudaraan yang benar. Lagi pula adanya suatu Gereja yang menitikberatkan beberapa soal berarti juga suatu pertolongan bagi Gereja yang lain, supaya mereka jangan tenggelam didalam tradisinya, melainkan selalu mencari kebenaran.Seperti halnya di Gereja-gereja yang lain dipulau Jawa, demikian juga didaerah ini muncullah golongan Kristen Tionghoa, disamping Gereja sekitar Muria tersebut. Terkumpullah di-kota-kota jemaat-jemaat Tionghoa Mennonit yang besar jumlahnya. Sejarahnya akan kita gambarkan dalam fasal mengenai sejarah Gereja-gereja Tionghoa.
{{Sejarah Gereja di Indonesia|footer}}
{{Sejarah Gereja di Indonesia|footer}}

Revisi per 11:56, 1 Juli 2011

Sejarah Gereja di Indonesia
Sejarah Alkitab Daerah di Indonesia



Juga Gereja sekitar Muria yang dimunculkan oleh aliran Mennonit (= Doopsgezind) membawa faset yang baru kedalam kekristenan Jawa. mengingat sifat yang istimewa yang terdapat pada orang-orang Mennonit, barangkali timbullah sangkalan, se-akan-akan cara kekristenannya tidak bisa cocok dengan kekristenan yang telah berwujud dipulau Jawa ini. Mereka menolak baptisan kanak-kanak, dan sumpah dan wajib militer. Pendapat mereka mengenai Gereja, bentuknya serta penjabat-pejabatnya juga berbeda dari pada yang sudah dilakukan diantara orang-orang Kristen dipulau Jawa ini.

Sebenarnya soal itu bukan soal baru, melainkan sudah diinsafi ketika para pekabar Injil Baptis, yang sifatnya hampir sama dengan sifat Mennonit, memasuki Indonesia pada tahun 1812. Ketika perhimpunan Pekabaran Injil "Doopsgezind" didirikan pada tahun 1847 di Belanda, maka soal tadi menjadi begitu hangat sehingga mereka berpendapat, bahwa diantara usaha-usaha Pekabaran Injil yang sudah dilakukan di Indonesia tidak ada kesempatan dan tempat lagi bagi sifat yang khusus itu. Mereka tidak suka mengganggu usaha-usaha dari pihak lain.

  1. Namun begitu pada tahun 1815 mereka mengutus P. Yansz, ke Indonesia. Yansz, seorang guru yang cakap, diberi izin untuk tinggal disebidang tanah milik seorang Armenia di Japara. Diantara ke-6000 penduduk tanah itu Yansz memperoleh izin untuk memberitakan Inyil. Pada 16 April 1854 dapatlah ia membaptiskan 5 orang. Tetapi hasil pekerjaannya diantara penduduk-penduduk yang sangat kuat didalam agama Islam itu sedikit. Sesudah 20 tahun bekerja baru tercapai jumlah sebanyak 16 orang laki-laki dan 21 perempuan beserta 27 kanak-kanak yang tidak dibaptis, sesuai dengan ajaran Mennonit. Perlu dikemukakan, bahwa hasil selama 20 tahun itu bukan karena usaha Yansz sendiri saja, melainkan juga karena usaha beberapa Pekabar Injil Mennonit yang diperbantukan kepadanya. Diantara mereka terdapat juga Klinkert, yang kemudian ditugaskan menterjemahkan Alkitab kedalam bahasa Melayu.Harus juga disesalkan, bahwa para pekabar Injil tidak beroleh hubungan dengan golongan-golongan Kristen yang telah muncul didalam daerahnya. Kita sudah mengenal golongan-golongan itu di Rembang, Kayuapu dan Pati, yang merupakan buah-buah dari penginjilan Jawa Timur, dan yang dipelihara oleh pekabar Injil NZG di Semarang yaitu Hoezoo.Selain itu tidak ada pula hubungan dengan golongan Kristen Jawa yang terkumpul disekitar Tunggul Wulung di Bondo dan di Banyu Towo, yang anggota-anggotanya berjumlah kurang lebih 200 orang. Tunggul Wulung tersebut termasuk golongan orang-orang Jawa pada pertengahan abad ke-19, yang sangat tebuka hatinya untuk Injil Yellesma di Mojowarno. Sebenarnya ia adalah seorang kiai yang berpengaruh didalam masyarakat Jawa. Ber-tahun-tahun lamanya ia bertapa di Gunung Kelud dan ceritanya kepada Yellesma mengenai alasannya hendak masuk Kristen adalah aneh. Dengan tak di-sangka-sangka, demikian ceritanya, ia menemukan dibawah tikarnya ditempatnya bertapa kesepuluh perintah Allah serta ia mendapat ilham untuk pergi ke Mojowarno. Akibat perkunjungannya itu ialah bahwa ia dibaptiskan oleh Yellesma pada tahun 1857. Tiada putus-putusnya Tunggul Wulung mengembara sebagai penginjil dengan ikhtiar sendiri. Dari desa kedesa, dari kota kekota di Jawa Timur, Jawa Timur malahan sampai ke Jawa Barat, Ia mencari hubungan dengan Mr. Anthing (lih. hlm. 194) dan anaknya pun menjadi seorang penginjil didalam jemaat-jemaat Anting.Sadrakhpun (lih. hlm. 177) menjadi penganutnya pada waktu ia mengumpulkan sejumlah keluarga Jawa dari Semarang dan sekitarnya, dengan maksud untuk mendirikan satu desa Kristen di Bondo dan di Banyu Towo yang telah disebut diatas. Sayang sekali Tunggul Wulung beserta dengan golongannya menolak untuk menggabungkan diri dengan golongan Kristen kecil dibawah bimbingan para pekabar Injil. Memang caranya sebagai orang-orang Kristen tidak cokcok dengan cara para pekabar Injil itu. Boleh dikatakan, bahwa kekristenan Jawalah yang diutamakan oleh mereka. Etika Kristen pun belum diinsafi oleh mereka, sehingga persaudaraaan antara mereka dan golongan-golongan Kristen yang pertama tak mungkin dipupuk oleh para pekabar Injil. Baru setelah meninggalkan Tanggul Wulung (1884) maka golongan-golongan itu mencari perhubungan dengan para pekabar Injil tersebut. Pada tahun 1869 berdirilah jemaat yang pertama yaitu Kedung Penjalin atas usaha seorang penginjil bernama Pasrah.
  2. Dipengaruhi oleh kejadian di Jawa Timur serta didorong oleh pengalamannya sendiri maka Yansz mengarang suatu surat selebaran pada tahun 1872 yang berpokok: "Usaha pekabaran Injil dengan jalan membuka tanah." Ia berpendapat bahwa hidup orang-orang Jawa secara batin dan lahir sangat bersangkutpaut dengan ikatan desa. Hal ini merupakan rintangan-rintangan yang hampir tak dapat diatasi oleh para pekabar Injil. Oleh kesadaran itu maka Yansz mengusulkan untuk membuka tanah, serta mendirikan desa-desa Kristen yang memungkinkan adanya suatu suasana Kristen dibawah pemerintah desa Kristen. Hanya dengan jalan itu maka Injil bisa masuk kedalam suku Jawa, demikian Yansz.Anaknya, yaitu P.A. Yansz, yang diutus oleh perhimpunan Pekabaran Injil untuk membantu ayahnya, dengan giat melaksanakan usul-usul tersebut. Pada tahun 1881 dibukalah tanah Margorejo. Tanah tersebut terbuka untuk siapa saja, tetapi dengan syarat bahwa mereka harus menaati suatu peraturan tertentu. Misalnya dituntut dari mereka supaya menghentikan pekerjaan mereka pada hari Minggu, dan mengunjungi kebaktian-kebaktian. Selain daripada itu mereka diharuskan membayar sedikit sewa tanah. Pemerintah desa tersendiri dari orang-orang Kristen, dan yang menjadi tuan tanah memanglah pekabar Injil sendiri. Kemudian didirikan beberapa desa yang lain, misalnya Margokerto (1901) dan Pakis (1925) yang pada tahun 1941 dijual lagi. Ber-angsur-angsur pimpinan desa-desa yang dipegang oleh para pekabar Injil diserahkan kepada orang-orang Jawa.Meskipun usaha tersebut boleh dikatakan sehat serta bermanfaat, namun harus diakui bahwa maksud yang terutama tidaklah tercapai. Tetapi pada pihak lain tak dapat disangkal bahwa pekerjaan pengasihan, misalnya poliklinik dan sebagainya, yang dilaksanakan didalam desa-desa itu, ber-angsur-angsur mengakibatkan perubahan suasana disekitarnya. Bahkan di Kelet disekitar rumah sakit yang didirikan pada tahun 1915, muncullah suatu jemaat pada tahun 1923. Juga asrama orang-orang kusta di Donorejo (1916) mempunyai pengaruh yang tidak sedikit.Sejak tahun 1928 -- hampir sama dengan di Jawa Timur -- pekabaran Injil di-kota-kota mendapat perhatian. Kota-kota yang per-tama-tama menerima berita Injil ialah Kudus dan Pati. Terbentuklah jemaat-jemaat yang anggota-anggotanya terdiri dari para mantri Kristen, para pegawai dan para pemuda. Akan tetapi perkembangan Gereja selaku organisasi berjalan amat lambat. Hal itu disebabkan oleh sifat Mennonit yang tidak memperhatikan organisasi Gereja serta para pejabatnya. Dapatlah dimengerti, bahwa mereka tidak mengusahakan pendidikan theologia untuk memperoleh pendeta-pendeta. Mereka mempekerjakan guru-guru sekolah menjadi pemimpin jemaat-jemaat setempat. Kepada mereka diberikan hal melayani sakramen, sehingga pada tahun 1940 memang terdapat 5 pemimpin jemaat yang mempunyai hak tersebut. Diantara merea ada juga yang dididik disekolah pendeta di Ungaran, dan kemudian di Bale Wyoto di Malang. Untuk mengadakan organisasi yang menghubungkan jemaat-jemaat setempat maka pada tanggal 30 Mei 1940 didirikanlah "Patunggilan Pasamuan Kristen Jawi tata Injil ing keresidenan Pati, Kudus lan Japara". Dua belas jemaat dengan kira-kira angotanya tergabung didalam organisasi itu.
  3. Penderitaan Gereja dimasa perang dunia kedua dan sesudahnya adalah hebat sekali. Golongan Islam yang sangat fanatik menganiaya mereka se-akan-akan melakukan jihad untuk memusnahkan mereka yang tidak mau menganut agama Islam. Beberapa gedung gereja dimusnahkan, malahan orang-orang Kristen diancam supaya menjadi murtad. Tetapi sesudah peperangan didalam perjuangan kemerdekaan maka pemuda-pemuda Kristen didaerah itu membuktikan sikap nasional mereka, sehingga sejak waktu itu mereka diakui didalam masyarakat.Meskipun dalam beberapa soal ajaran Gereja itu berbeda dengan Gereja-gereja yang lain, namun begitu Gereja Mennonit itu bersedia untuk bekerjasama secara oikumene. Memang timbul persoalan-persoalan misalnya mengenai pemeliharaan atas mereka yang berpindah kedaerahnya dari Gereja yang lain. Bagaimanakah sikap mereka terhadap baptisan dewasa, dan sebagaimana? Akan tetapi perbedaan-perbedaan itu dapat diselesaikan didalam suasana persaudaraan yang benar. Lagi pula adanya suatu Gereja yang menitikberatkan beberapa soal berarti juga suatu pertolongan bagi Gereja yang lain, supaya mereka jangan tenggelam didalam tradisinya, melainkan selalu mencari kebenaran.Seperti halnya di Gereja-gereja yang lain dipulau Jawa, demikian juga didaerah ini muncullah golongan Kristen Tionghoa, disamping Gereja sekitar Muria tersebut. Terkumpullah di-kota-kota jemaat-jemaat Tionghoa Mennonit yang besar jumlahnya. Sejarahnya akan kita gambarkan dalam fasal mengenai sejarah Gereja-gereja Tionghoa.


Bibliografi
Artikel ini diambil dari:
Kruger, Dr. Th. Muller. 1966. Sejarah Gereja di Indonesia. Badan Penerbitan Kristen-Djakarta.
kembali ke atas